Minggu, 18 November 2012

Ulumul Hadits


IMAM AHMAD BIN HANBAL


A.     Nama dan tanggal kelahirannya
Imam Abu ‘Abdillah bin Muhammad bin Hanbal Al-Marwazy adalah ulama hadist yang terkenal kelahiran bagdad. Disamping sebagai seorang muhadditsin, terkenal juga sebagai salah seorang pendiri dari salah satu mazhab terkenal juga dari salah satu mazhab empat yang dikenal oleh orang-orang. Beliau dilahirkan pada bulan Rabi’ul-awal, tahun 164H. (780 M.) di Bagdad.

B.      Perhatiannya dalam ilmu hadist
Dari kota bagdad inilah beliau memulai mencurahkan perhatiannya belajar dan mencari hadits sekhidmat-khidmatny, sejak beliau berumur 16 tahun.

C.      Guru-guru dan murid-muridnya
Dari perantauan inilah beliau mendapatkan guru-guru hadits yang kenamaan, antara lain: Sufyan bin ‘Uyainah, Ibrahim bin Sa’ad, Yahya bin Qaththan. Adapun ulama-ulama besar yang pernah mengambil ilmu dari dirinya antara lain: Imam-Imam Bukhori, Muslim, Ibnu Abid-Dunya dan Ahmad bin Abil-Hawarimy.

D.     Keimanan dan pujian-pujian ulama terhadapnya
Para ulama telah sepakat menetapkan keimanan, ketakwaan, kewaraan dan ke-zuhud-an beliau disamping keahliannya dibidang kehaditsan. Sehabisa shalat asar beliau berdiri bersandar pada tembok dibawah menara mesjidnya lalu kemudian berkerumunlah orang-orang untuk menanyakan hadits kepadanya.
Menurut Abu Zur’ah beliau mempunyai tulisan sebanyak 12 macam yang semuanya sudah dikuasai diluar kepala. Juga beliau mempunyai hafalan matan hadits sebanyak 1.000.000 buah.

E.      Karya-karyanya
Diantara karya beliau yang sangat gemilang ialah Musnadu’l Kabir kitab ini merupakan kitab musnad terbaik dan terbesar diantara kitab-kitab yang pernah ada.

F.       Tanggal wafatnya
Beliau pulang ke rahmatullah pada hari Jum’at, bulan Rabi’ul-Awal, Tahun 241 H (855M) dikebumikan di Marwaz.
IMAM BUKHARI



A.     Nama dan tempat kelahirannya
Abu ‘Abdillah Muhammad bin isma’il bin Ibrahim bin Al-Mughirah bin Bardizbah, adalah ulama hadits yang sangat masyhur, kelahiran Bukhara, suatu kota di Uzbekistan, wilayah Uni Sovyet, yang merupakan simpang jalan antara Rusia, Persia, Hindia, dan Tiongkok.

B.      Perhatiannya terhadap ilmu hadist
Sejak berumur kurang lebih 10 tahun, sudah mempunyai perhatian dalam ilmu-ilmu hadits yang tidak sedikit jumlahnya. Beliau merantau ke Negri Syam, Mesir, Jazirah sampai dua kali, ke Basrah empat kali, ke Hijaz bermukim 6 tahun dan pergi ke Baghdad bersama-sama para ahli hadits yang lain sampai berkali-kali.

C.      Guru-guru dan murid-muridnya
Beliau telah memperoleh hadits dari beberapa hafidh, antara lain Maky bin Ibrahim, Abdullah bin Usman Al-Murwazy, Abdullah bin Musa Al-Abbasy, Abu Ashim As-Syaibany dan Muhammad bin Abdullah Al-Anshary. Ulama-ulama besar yang telah pernah mengambil hadits dari beliau antara lain: Imam Muslim, Abu Zur’ah, At-Thurmudzy, Ibnu Khuzaimah, dan An-Nasa-iy.

D.     Karya-karyanya
1.      Jami’us Shahih
2.      Qadlayas-Shahabah wat-tabi’in
3.      At-Tarikhu’l-Kabir
4.      At-Tarikhu’l-Ausath
5.      Al-Adabu’l-Munfarid
6.      Birru’l-Walidain

E.      Tanggal wafatnya
Beliau wafat pada malam sabtu selesai shalat Isya, tepat pada malam Idhul Fitri tahun 252 H.(870 M) dan dikebumikan sehabis shalat Dzuhur di Khirtank, suatu kampong tidak jauh dari kota Sarmankand.



IMAM MUSLIM



A.     Nama dan tanggal kelahirannya
Nama lengkapnya adalah Abul-Husain  Muslim bin Al-Hajaj Al-Quraisy. Beliau dinisbatkan kepada Nisabury karena beliau adalah putra  kelahiran Nisabur, pada tahun 204 H. (820 M), yakni kota kecil di Iran bagian Timur Laut.

B.      Perhatiannya dalam ilmu hadits
Imam Muslim salah seorang muhaditsin, hafidh lagi terpercaya, terkenal sebagai ulama yang gemar berpergian mencari hadits.

C.      Guru-guru dan muridnya
Ulama hadits yang menjadi gurunya, seperti Qatadah bin Sa’id, Al-Qa’naby, Ismail bin Abi Uwais, Muhammad bin Al-Mutsanna, Muhammad bin Rumhi dan lain-lainnya.
Sedangkan yang berguru padanya ialah Abu Hatim, Musa bin Haran, Ibnu Khuzaimah, Awannah, Ahmad Ibnu’l Mubarak dan lain sebagainya.

D.     Karya-karyanya
1.      Musnadu’l-Kabir
2.      Al-Jami’ul Kabir
3.      Kitabu’l –ilal wa kitabu auhamil-muhaditsin
4.      Kittabu’l Thamyiz
5.      Kitabu man laisa lahu illa rawin wahidin
6.      Kitabu’l Mulhadramin
Dan lain sebagainya…

E.      Tanggal wafatnya
Beliau wafat pada hari minggu, bulan Rajab, tahun 261 H. (875 M), dan dikebumikan pada hari senin di Nisabur.





IMAM ABU DAWUD


A.     Nama lengkap dan tanggl kelahirannya
Nama lengkapnya ialah Abu Dawud Sulaiman bin Al-Asy’ats bin Is-haq As-Shijistany. Beliau dinisbatkan kepada tempat kelahirannya yaitu di sijistan (terletak antara Iran dengan Afghanistan). Beliau dilahirkan dikota tersebut pada tahun 202 M.(817M).

B.      Guru-guru dan muridnya
Ulama-ulama yang telah diambil haditsnya antara lain Sulaiman bin Harb, Utsam bin Abi Syaibah, Al-Qanbiy dan Abu Walid At-Thayaliz.
Ulama yang telah mengambil hadits-haditsnya antara lain putranya sendiri Abdullah, An-Nasa’iy, At-Tharmudzy, Abu Awanah, Ali bin Abu sh-Shamad, Ahmad bin Muhammad bin Harun.

C.      Karya-karyanya
Diantara karyanya yang terbesar dan sangat berfaedah bagi para mujtahid ialah kitab sunan yang kemudian terkenal dengan nama Sunan Abi Dawud.

D.     Pujian para ulama terhadapnya
Para ulama telah sepakat menetapkan beliau sebagai hafidh yang sempurna, pemilik ilmu yang melimpah, muhaddits yang terpercaya, wira’iy dan mempunyai pemahaman yang tajam baik dalam bidang ilmu hadits maupun yang lainnya.

E.       Tanggal wafatnya
Beliau wafat pada tahun 275 H(889 M) di Bashrah.










IMAM AT-THURMUDZY



A.     Nama dan tanggal lahirnya
Abu Isa Muhammad bin Isa bin Surah adalah seorang muhaddits yang dilahirkan di kota Thurmudz, sebuah kota kecil dipinggir Utara sebuah sungai Amuderiya, sebelah Utara Iran. Beliau dilahirkan dikota tersebut pada bulan Dzulhijjah tahun 200 H (824 M).

B.      Guru-guru dan muridnya
Beliau mengambil hadits dari ulama hadits yang kenamaan seperti Qutaibah bin Sa’id, Is-haq bin Musa, al-Bukhary dan lain-lainnya. Orang yang banyak belajar hadits dari beliau dan diantara sekian banyak muridnya dapat dikemukakan antara lain Muhammad bin Ahmad bin Mahbub.

C.      Karya-karyanya
Beliau menyusun satu kitab sunan dan kitab ‘Ilalu’l –hadits.

D.     Tanggal wafatnya
Beliau wafat di Turmudz pada akhir Rajab tahun 279 H. (892 M).
















IMAM AN-NASA’IY


A.     Nama dan tanggal lahir
Imam Nasa’iy nama lengkapnya ialah Abu Abdi’r –Rahmad Ahmad bin Syu’aib bin Bahr. Beliau dilahirkan pada tahun 215 H. di kota Nasa yang masih termaksud wilayah Khurasan.

B.      Guru-guru dan murid-muridnya
Guru-guru beliau antara lain Qutaibah bin Sa’id, Is-haq bin Ibrahim dan imam-imam hadits di Khurasan, Hijaz, Irak dan Mesir.
Murid-murid beliau antara lain Abu Nasher ad-Dalaby dan Abdul-Qashim At-Thabary.

C.      Karya-karyanya
Karya beliau yang pertama ialah Sunnanu’l Kubra yang ahirnya terkenal dengan nama Sunan An-Nasa’iy.

D.     Tanggal wafatnya
Beliau wafat pada hari senin, tanggal 13 bulan shafar, tahun 303 H.( 915 M). di Ar-Ramlah.
















IMAM IBNU MAJAH


A.     Nama dan tanggal lahirnya
Ibnu Majah, adalah nama nenek moyang yang berasal dari kota Qazwin, salah satu kota di Iran. Nama lengkap imam hadits yang terkenal dengan sebutan neneknya ini ialah Abu Abdillah bin Yazid Ibnu Majjah. Beliau lahir pada tahun 207 H (204 M) di Qazwin.

B.      Guru-guru dan muridnya
Dari tempat perantauannya itu beliau bertemu dengan murid-murid Imam Malik dan Al-Laits, dan dari beliau beliau inilah beliau banyak memperoleh hadits-hadits,. Hadots-hadits beliau banyak sering diriwayatkan oleh orang-orang banyak.

C.      Karya-karyanya
Beliau menyusun kitab sunan yang kemudia terkenal dengan nama Sunan Ibnu Majjah.

D.     Tanggal wafatnya
Beliau wafat hari selasa bulan Ramadhan tahun 273 H (887 M)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar